Kepala Puskesmas Sungkai Expose hasil penelitian

Bertempat di Aula Rapat BKD Banjar, Kamis 27 Januari 2011 Kepala UPT Puskesmas Sungkai M.Fakhrurrozie,SKM,MAP melakukan expose di hadapan 3 staf ahli bupati Kab.Banjar. Expose yang dimaksudkan untuk mencari masukan terhadap hasil penelitian yang telah dituangkan dalam bentuk tesis kepada Pemkab.Banjar. Expose yang diikuti saat itu oleh 4 peserta,tiga diantaranya merupakan alumni Pasca sarjana STIE Pancasetia hanya Ka.Puskesmas Sungkai yang alumni STIA Banjarmasin.
Kepala Puskesmas Sungkai yang maju urutan ke 3 saat itu menampilkan hasil penelitian yang berjudul ” PENGARUH MOTIVASI, SEMANGAT KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA BIDAN DESA DI KABUPATEN BANJAR” . Hasil penelitian yang menyebutkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi, semangat kerja dan komitmen orgaisasi terhadap kinerja bidan memberikan gambaran bahwa yangbesar pengaruhnya saat ini adalah komitmen organisasi. Pada paparan dekskriftif dimana hampir 40 % bidan desa PNS saat ini tidak bertempat tinggal di desa, ditunjang pula bahwa hampir 37,5% masa kerja 11 s/d 15 tahun dan hanya 34,1 % yang bertempat tinggal di Polindes atau Poskesdes terlihat bahwa komitmen bidan memang sudah besar pengaruhnya terhadap kinerja yang bersagkutan. Temuan ini tentu saja berpengaruh terhadap motivasi dan semangat kerja yang bersangkutan dimana menurut penelitian Allen dan Meyer bahwa semakin tinggi komitmen seseorang maka semakin kuat keinginannya untuk mempertahan pekrjaaannya namun sebaliknya berdampak rendah keinginannya untuk meningkatkan prestasi dan semanagat kerja. Boleh diartikan bahwa mereka bekerja sekedar untuk menjalankan kewajiban saja dan tidak termotivasi untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan atau kompetensi.
Yang menggembirakan dari hasil penelitian ini adalah tingkat pendidikan bidan saat ini yang sebesar 50 % telah menyelesaikan pedidikan D III Kebidanan, bahkan ada telah menyelesaikan D IV.
Selamat ya Pak, semoga hasil expose ini bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan di Kab.Banjar di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s